Mulai Berdebu : Ayo Baca Buku

Yak, saya sukses mengagalkan lagi #PostAWeekBlogger untuk minggu lalu, kemudian aku merasa blog ini akan semakin berdebu kalau nggak segera diisi. Sebenarnya, sampai detik ini aku masih juga nggak punya ide apa yang bakalan aku tulis disini, tapi ya itu.. aku mau nge-post sesuatu. Aku gak bakal menjadikan ‘sibuk kuliah’ sebagai alasan kenapa aku nggak bikin post, karena memang sejujurnya aku tidak punya ide.

Pagi hari ini (aku mulai menulis ini sekitar pukul setengah tigas pagi) sebenernya aku lagi berusaha menuliskan sebuah karangan untuk tugas Bahasa Indonesia. Minimal 3 lembar. Sebenarnya tugas ini sudah diberikan sejak rabu minggu lalu, namun karena berbagai alasan (baca : malas) aku akhirnya mengerjakannya dari malam hingga subuh ini. Diberikan 8 tema : buku, komunikasi, lagu, karakter, games, pariwisata, generasi, dan program televisi yang bisa aku ambil sebagai tema karanganku. *semakin banyak pilihan, semakin bingung* Sampai H-1 pengumpulan aja aku belum mutusin mau pake tema apa, sampe malem menjelang dini hari aku memutuskan mengambil tema ‘buku’.

Nggak, bukan karena aku suka baca buku. Bukan juga aku bahas novel-novel yang pernah aku baca. Tapi, sesuai tujuanku dalam menulis sebuah karangan ialah memuat unsur edukatif di dalamnya, maka aku mengangkat tema mengenai rendanhnya minat membaca buku di Indonesia. Fix. Aku milih tema itu. *akhirnyaa* Selain itu, aku juga mengangkat tema ini karena mengingat, waktu SMA dulu pernah ikut ambil bagian dalam lomba perpustakaan tingkat provinsi dan mengetahui betapa banyaknya anak-anak di sekolah yang tidak memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolahku dengan buku yang indah-indah itu. Alias tidak suka baca buku.

Nah, untuk mendapatkan unsur edukatifnya, aku juga mengkaitkan tingkat minat membaca buku ini dengan pembangunan bangsa Indonesia. Masih ingat sedikit, hakikat pembangunan nasional Indonesia itu berfokus kepada manusia dan masyarakatnya. Tentu aja, tingkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dipengaruhi dengan kemampuan kognitif yang dapat diperoleh dari membaca buku.

Selain pemilihan tema, sebenarnya yang menjadi kesulitanku dalam ‘segera’ mengerjakan tugas ini adalah kami tidak hanya harus membuat karangan sepanjang 3 lembar. Aku juga harus membuat clustering dan listing sebelum proses penulisan karangan tersebut. Bagi vero, bikin clustering dan listing itu membingungkan. Mungkin aku bakalan muat materi tentang clustering dan listing di post selanjutnya. XD

I’m so confuse X_X

Ini aku masih ditengah pengerjaan karangan yang masih 1 lembar. 1/3. wish me luck.

*back to work*

btw, aku kasih beberapa quote dan gambar yang mungkin bisa menginspirasi kalian buat baca buku

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s