71 Tahun Merdeka : Perjuangan Belum dan Tak Akan Berakhir

“Revolusi mental adalah suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.” — Ir. Soekarno, 17 Agustus 1956

SELAMAT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE-71! MERDEKA!

Perjuangan bangsa ini belum berakhir, dan tidak akan pernah berakhir. Selama ratusan tahun, para pahlawan dan pejuang bangsa tak gentar mengangkat senjata dan mempertaruhkan nyawa demi berkumandangnya Proklamasi. Dan kini, perjuangan Bangsa Indonesia akan kita lanjutkan dengan membangun jiwa bangsa dengan semangat kemerdekaan dan juga kerja nyata. Bukanlah saatnya bagi kita untuk bertempur dan angkat senjata, melainkan bertempur dan membangun jiwa bangsa, Bangsa Indonesia yang berhati putih dan berjiwa api yang menyala.

Sosok proklamator kita, Bapak Ir. Soekarno bahkan telah menyinggung mengenai revolusi mental dalam sambutannya memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke – 11 pada tahun 1956. Dilansir dari kominfo.go.id Indonesia kini memang memerlukan revolusi mental, melihat 3 masalah pokok yang sedang dihadapi bangsa Indonesia : merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi dan melemahnya sendi-sendi perekonomian negara.

Nggak usah jauh-jauh ngomongin soal 3 hal di atas. Revolusi mental bangsa ini dimulai dari perubahan mental masyarakatnya, yaitu diri kita. Banyak nilai-nilai luhur bangsa yang kian memudar termakan waktu dan perkembangan zaman. Siapa yang dapat mengembalikkannya? Kita, karena di tangan kitalah masa depan bangsa Indonesia akan terbentuk.

Dalam keseharian, praktik revolusi mental dapat kita terapkan dengan menjadi pribadi yang berintegritas, mau bekerja dan memiliki semangat bergotong royong.

“Hanya persatuan bangsa dan kesatuan tekad bangsalah dapat menyelamatkan revolusi nasional kita itu dan dapat melakukan pelaksanaan cita-cita revolusi nasional kita itu.” — Ir. Soekarno

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Tuturan mengenai arti kata integritas mampu menjawab permasalah pertama bangsa Indonesia, merosotnya wibawa negara. Hal ini disebabkan karena adanya praktik-praktik baik oleh masyarakat maupun pelaku politik yang tidak berintegritas. Ketidakjujuran dalam berperilaku membawa Indonesia kepada penuruan wibawa banga yang telah dibangun selama puluhan tahun ini.

Hanya bangsa yang mau bekerjalah menjadi bangsa yang makmur. – Ir. Soekarno 

Gerakan #AyoKerja yang kian digencarkan oleh Bapak Presiden, Jokowi — adalah bagian dari usaha revolusi mental bangsa Indonesia. Dengan menjadi pribadi yang giat, tekun dan cerdas akan mampu membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. Tentunya, kecerdasan dan semangat kerja yang dibarengi dengan integritas dan kejujuran. Dengan semangat inilah, sendi-sendi perekonomian negara yang lemah akan mulai bangkit.

Sejak dahulu, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung budaya gotong royong. Namun sekali lagi, nilai luhur budaya ini semakin luntur seiring berjalannya waktu. Hal-hal kecil seperti toleransi dan kepedulian terganti dengan rasa egois dan individualis yang kemudian menyebabkan merebaknya intoleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mari kita kembalikan identitas bangsa yang ramah dan penuh dengan kepedulian. Dengan memulai dari hal-hal kecil seperti memberi jalan kepada penyebrang jalan, bertutur kata sopan, dan toleransi mari kita bangun bangsa kita ini, Bangsa Indonesia! MERDEKA!

Special thanks to : instagram.com/typrist to designed today’s featured image.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s