EVERYONE IS VLOGGING!

youtube-logoBelakangan ini, Youtube lagi diramein sama konten para youtubers yang bernama : VLOG. Video Blog ini sebenarnya juga asalnya dari ‘blog’ yang kemudian unsur-unsur di dalamnya terdapat audio dan visual menggunakan media video. Nah, vlog sendiri sudah memiliki berbagai banyak fungsi beragam layaknya blog: mulai catatan harian, opini, ide dan berbagai topik lainnya sesuai dengan bakat dan minat penulis blog/vloggers.

Akhir-akhir ini mulai bermunculan berbagai macam vlog, mulai daily vlog hingga weekly vlog yang berisi kegiatan harian yang dilakukan oleh para vloggers. Nggak cuman kegiatan aja, vlog juga biasanya memuat topik-topik tertentu yang diangkat oleh para vloggers untuk mereka bahas dalam video mereka. Wah! Banyak banget youtubers-youtubers yang kian ngeksis karena vlog harian yang mereka upload rutin di akun youtubenya seperti penulis buku yang film terbarunya bakal tayang 5 Juli nanti : Raditya Dika, ada juga youtubers asal New York yang berkendara dengan board-nya kemana-mana, Casey Nesitat dan masih banyak lagi.

Handsome man takes a video of himself

Sebenarnya fenomena Vlog ini bukan baru-baru ini aja. Kalau menurut wiki sih sejak tahun 2004 si Vlog ini sudah menunjukkan eksistensinya di dunia online dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih. Zaman sekarang bikin vlog ngga perlu ribet. Cukup dengan kamera HP canggih kamu aja udah bisa hasilkan vlog kamu sendiri! Tertarik?

Aku akui, judul di atas itu berlebihan. Karena nggak ‘SEMUA ORANG’ itu nge-vlog. Tapi biar heboh aja, seheboh vlog yang lagi ngetren. #eh Kenyataannya memang nggak semua, tapi BANYAK di antara ABG-ABG gahoel yang mulai bikin first vlog mereka. XD Bahkan banyak temen-temen seangkatan aku yang masih pengangguran sampai masuk masa kuliah dan memutuskan untuk bikin vlog selama liburan ini. Banyak deh!

415645-vlog-your-lifeMenurut aku sendiri sih, vlog ini merupakan cara baru yang cukup efektif dalam membagikan kisah dan pengalaman yang kita punya karena udah tinggal bawa HP/kamera udah deh, ditambah viewers ngga perlu repot baca-baca tulisan. Dan nggak perlu ngetik-ngetik lagi tunggu mood menulis sambil ngantuk-ngantuk tengah malem ditambah nyariin typo. #curhat Tapi pembuatan vlog juga nggak mudah! Aku sih prefer nulis dari pada bikin vlog selain karena alasan muka saya jarang bagus di depan kamera dan resolusi kamera HP yang tidak memadai PLUS proses editing video yang harus sabar dan tabah. Yup. Sejauh ini Veronica Maureen hanya pernah menghasilkan… 2 buah video editan sendiri dengan susah payah. Jadii, saya masih cinta nge-blog. Vlog? Nggak dulu deh.

Jadi, apa sudah tertarik untuk bikin vlog pertama kamu? Atau kamu sudah bikin? Leave your comment 😁

| Follow | Like | Comment | Share |

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s