World Water Day 2016 : Water and Jobs

Hari Air Sedunia atau World Water Day merupakan hari peringatan sebagai upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian publik/seluruh masyarakat dunia mengenai pentingnya air bersih dan kemudian ditindaklanjuti sebagai usaha penyadaran dalam pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Peringatan ini pertama kali dicetuskan dalam Sidang Umum PBB ke-47 pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Diperingati setiap tanggal 22 Maret, World Water Day memiliki tema khusus pada setiap tahunnya yang dipilih oleh UN-Water. Contohnya pada tahun 2009 “Air Bersama, Peluang Bersama” (Shared water, shared opportunities). >> Tema Peringatan Hari Air Sedunia sejak tahun 1994.

Peringatan mengenai world water day ini tentunya lahir dari sebuah latar belakang. Berbagai permasalahan dan krisis air yang dirasakan di berbagai daerah di belahan dunia menuntut masyarakat dunia untuk turut memberikan perhatian khusus dalam masalah ini. Salah satu contohnya ialah semakin berkurangnya jumlah air bersih akibat pencemaran limbah industri yang mengandung zat-zat berbahaya, banyak diantaranya industri-industri yang tidak bertanggung jawab atas pengolahan limbah yang dibuang begitu saja.

Seperti dilansir dari NatGeo, Tujuan dibalik peringatan hari air sedunia ini salah satunya ialah melibatkan masyarakat untuk mendengarkan dan memahami tentang masalah air serta koordinasi dengan kegiatan internasional untuk Hari Air Dunia. ” Pada peringatan ini, kita diberi kesempatan untuk memahami mengenai permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan air dan kemudian mengambil tindakan nyata untuk membuat sebuah perubahan. ” – http://www.unwater.org/worldwaterday/about/en

Untuk Tahun 2016 ini, tema yang dipilih adalah Water and Jobs dimana memberikan penjelasan tentang hubungannya air dan pekerjaan yang dimiliki.

Better water, better jobs

cbepe_xxeaac9je

Saat ini, hampir setengah dari seluruh pekerja di dunia -1,5 miliar orang – bekerja pada sektor yang berhubungan dengan air dan bahkan hampir semua pekerjaan tergantung pada air. Namun, jutaan orang yang bekerja di dalamnya seringkali tidak diakui bahkan tidak mendapatkan perlindungan dari hak dasar pekerja. Tema kali ini – water and jobs – berfokus pada bagaimana kuantitas dan kualitas air yang cukup dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian para pekerja dan bahkan mampu mengubah masyarakat dan ekonomi.  


Mungkin kita saat ini masih dapat merasakan air yang berkecukupan untuk berbagai aktivitas seperti : minum, makan, mandi dan mencuci. Namun pada kenyataannya 1 dari 10 penduduk dunia tidak memiliki akses ke air bersih. Dan 1 dari 3 penduduk dunia tidak mendapat kesempatan untuk mengakses toilet.

Dari 100% air di bumi, hanya kurang dari 1% saja yang dapat di konsumsi oleh makhluk hidup. Sisanya merupakan air asin maupun beku yang tidak dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Jumlah ini akan semakin mengalami penekanan yang signifikan, mengingat pertumbuhan dan perkembangan jumlah penduduk dan industri di dunia saat ini.

Forum Ekonomi Dunia menempatkan isu krisis air pada posisi nomor satu sebagai tantangan global yang akan dihadapi dalam satu dekade mendatang. Tanpa ada perubahan nyata, baik dalam perilaku sehari-hari maupun dunia industri dengan kebijakan pemerintah yang tepat, pada 2030 kebutuhan air akan lebih besar 40 persen dari jumlah yang tersedia.

Ayo, kita ikut ambil bagian dalam upaya perubahan besar demi keberlangsungan hidup di bumi dengan dukungan dan gerakan yang nyata. Seperti halnya : penanaman pohon dan pembuatan lubang-lubang biopori untuk meningkatkan proses infiltrasi sehingga meningkatkan jumlah pasokan air tanah.

Hal kecil dapat memberikan perubahan yang besar.

Watch the World Water Day 2016 trailer :

maxresdefault

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/makna-dibalik-hari-air-sedunia, http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/ketika-krisis-air-di-depan-mata, http://www.unwater.org/worldwaterday/about/enhttps://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Air_Sedunia,

| Follow | Like | Comment | Share |

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s