Valentine’s Day?

Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari ini rupanya menjadi agenda rutin bagi seluruh masyarakat di dunia untuk menyatakan kasih. Terutama bagi para pasangan kekasih, banyak diantara mereka yang akan memperingati perayaan ini. Pasangan kekasih kebanyakan akan menghabiskan waktu bersama selama hari valentine. Padahal sebenarnya, hari valentine bukan hanya terbatas bagi pasangan saja, namun juga untuk kasih sayang kepada saudara, orang tua dan teman-teman.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, begitu banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia untuk merayakan hari Kasih Sayang ini. Mulai dari memberikan kartu ucapan, memberikan bunga, makan bersama, pergi, nonton, dan yang terutama memberikan cokelat.

Rupanya, identiknya pemberian cokelat di hari valentine ini dimulai dari gagasan Richard Cadbury (Anak John Cadbury, yang merupakan pendiri sebuah perusahaan cokelat di Birmingham, Inggris, yang kemudian akan menjadi bagian dari perusahaan Cadbury-Schweppes, salah satu produsen cokelat terbesar di dunia.) yang memperkenalkan cokelat sebagai hadiah pada tahun 1868.

Sebuah mitos lain berkembang di hari Valentine. Apabila seseorang melihat burung gereja terbang di hari Valentine, maka ia akan menikahi seorang pelaut. Sedang apabila seseorang melihat burung gagak, ia akan menikahi seorang yang miskin namun bahagia. Dan apabila ia melihat burung goldfinch maka ia akan menikahi seorang milyuner.

220px-male_american_goldfinch_in_lodi_ca

American Goldfinch

Selain cokelat dan bunga, simbol hati berwarna merah juga menjadi salah satu ciri khas hari kasih sayang ini. Penggunaan simbol hati berwarna merah disebabkan karena hati adalah tempat jiwa murni seorang manusia, dan warna merah merupakan warna yang romantis.

Begitu banyak hal dan cara yang dapat kita lakukan untuk memperingati hari kasih sayang ini, namun janganlah kita melupakan makna sebenanrnya bahwa ungkapan kasih yang kita rasakan bukan hanya hari ini saja. Mengungkapkan kasih dilakukan setiap hari, dengan memberikan senyuman, perhatian dan rasa peduli bagi orang-orang di sekitar kita. 🙂

Lalu, apa yang kalian lakukan untuk memperingati Hari Kasih Sayang ini? 😀

Happy Valentine’s Day!

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s