The Shark and the Goldfish – Cara Positif Untuk Sukses di Tengah Perubahan-

Penulis    : Jon Gordon
Penerbit  : MIC Plublishing
Tebal      : xii + 106 halaman , 11 × 16 cm

Buku yang berkisah tentang seekor ikan mas yang secara tak sengaja masuk ke dalam kehidupan laut yang berat akan memberikan pengajaran yang luar biasa besar kepada kita,tentang berjuang melawan arus kehidupan. 
Semuanya bermula ketika si penulis – Jon Gordon mulai memikirkan masa depnnya dan ketika ia dalam sebuah penerbangan menuju California,
Suatu ketika, Gordy si ikan mas yang tinggal bersama majikan dan hidup tentram, selalu di beri makanan ia do bawa pergi ke pantai dan di letakkan di dalam kubangan air di pasir. Namun tiba-tiba ombak datang dan membawa Gordy masuk ke dalam laut. Awalnya ia ketakutan dan merasa bahwa ia akan mati. Namun seekor hiu yang baik hati- Sammy mulai menyadarkan Gordy bahwa di laut,Gordy hanya harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan makanan. Gordy mulai mengutuii dirinya dan berharap bahwa ia menjadi hiu. Namun Sammy berkata bahwa menjadi ikan mas atau hiu adala sebuah pilihan. Hiu juga harus berusaha untuk mendapatkan makanan. Menjadi hiu adalah sebuah prinsip. Dimana ini mengajarkan kita bahwa dalam setiap arus kehidupan tang kita alami, kita dapat menjadi apa yang kita mau  sesuai dengan prinsip kita. Sammy mengingatkan kita bahwa semuanya ini berawal dari pola pikir kita. Jika kita memang harus di ajak masuk ke dalam gelombang kehidupan kita harus tetap berpikir positif akan tiap hal yang menimpa kita nantinya, dan menanggapi nya dengan reaksi yang postif juga. Gordy dan Sammy mulai menuliskan berbagai catatan-catatan untuk mengingatkan Gordy agar tak lupa akan tujuan utamanya. Bahwa ia harus selalu berpikir postif dan tidak boleh menyerah untuk mencari makanan.
Tiba saatnya Gordy harus mencari makan sendiri, ia pun berenang teru menerus namun ia tak kunjung mendapatkan makanan. Ikan-ikan lain pun mulai mengolok-olok Gordy. Ia hanya makan sedikit dan ia mulai putus asa akan olokan-olokan yang ia dapat. Ikan lain berkata bahwa seekor ikan mas tak akan bertahan di dalam laut. Dan lain sebagainya. Gordy pun kembali keesokan harinys untuk menemui Sammy. Lalu Sammy mengajarkan kembali bahwa Gordy harus memiliki kepercayaan lebih dibandingkan hal-hal negatif yang ia terima. Mendapat makanan atau tidak, itu begantung dari permikiran Gordy. Jika ia terus berpikir postif dan berharap akan mendapatkan makanan,maka ia akan mendapatkannya.
Di sini, Sammy mengajarkan pada kita jika di dalam perjalanan menuju pencapaian tujuan, pasti akan datang halangan-halangan dan hal-hal negatif lainnya yang bisa menjatuhkan kita. Namun kita harus membangun kepercayaan lebih di bandingkan segala hal negatif yang datang kepada kita. Kita tidak boleh di kalahkan oleh keadaan.
Gordy pun di ajak berenang bersmaa Sammy untum mencari makanan. Gordy kagum, ia belum melihat makanan sebanyak itu. Lalu Sammy pun mulai menyadarkan Gordy jika lautan ini luas, mengapa tidak ada makanan untuk ikan sekecil Gordy? -itu tidak mungkin. Sammy juga menyakinkan Gordy bahwa hari esok akan lebih baik dari pada hari ini. Maka timbullah kembali kepercayaan di dalam diri Gordy.
Keesokan harinya dan hari-hari selanjutnya, Gordy telah mendapatkan makanan lebih banyak dan cukup.unrik mengeyangkan perutnya. Namun ia tidaklah puas jika hanya cukup, ia ingin menjadi seekor hiu yang tidak kenal takut. Semangat Gordy ini patut kita teladani,jangan lah kita berpuas diri akan segala keadaan yang kita miliki. Tentukanlah standar setinggi mungkin. Karena tidak ada yang dapat menandingi hasil kerja keras.
Setelah itu, Gordy pun telah mampu memperoleh makan dan bertahan hidup dengan baik. Ia sadar perbedaan ketika ia berpikir negatif dan berpikir positif. Ia kepalaran ketika ia berpikiran negatif dan sebaliknya. Ia pun sadar pastilah banyak ikan-ikan lain yang seperti dirinya yang dulu. Yang takut,yang putus asa. Lalu ia pun memutuskan untuk membuka sekolah Gordy.
– ketika kita mulai mampu berjalan di atas gelombang kehidupan dan kita telah mampu menghadapinya, jangan lupa untuk membagikan apa yang kita miliki kepada orang lain. Mungkin akan ada yang mendengarkan dan menerapkannya,mungkin juga akan ada orang yang hanya mendengarkannya dan tetap jatuh dalam gelombang kehidupann itu. Namun itu tak apa. Asalkan jika kita melakukannya dengan tulus dan dapat merubah.

Kisah singkat dan sederhana tentang ikan mas yang bertahan hidup di laut ini memberi banyak pelajaran berharga. Kita di ajak untuk tidak takut akan gelombang kehidupan yang membawa kita jauh dari zona aman diri kita. Kita di ajak untuk berpikir positif akan setiap keadaan dan memang ketika pemikiran dan pola pikir ‘positif’ itu telah terbentuk. Maka jadilah kita akan dapat berjalan di gelombang kehidupan ini.
Janganlah menyerah!
Tetapkan pola pikir!
Jangan mudah berpuas diri!
Dan jadilah inspirasi bagi orang lain!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s